Selasa, 25 Februari 2014

BOLU KEMOJO

Makanan khas pastilah dimiliki oleh masing-masing provinsi dan kebudayaan masyarakat di Indonesia. Mulai dari pembuatannya yang mudah sampai yang sulit.  Makanan atau masakan khas pada umumnya memang berasal dari daerah tersebut namun ada juga dari adopsi daerah lain yang di khaskan oleh daerah tersebut. 



Seperti halnya ada masakan dan makanan khas Jawa, Batak, Bugis, Minang, Masyarakat Riau yang umumnya di kenal Melayu juga memiliki makanan atau masakan khas khas diantaranya :


BOLU KEMOJO
 
Bolu Kemojo adalah makanan khas Pekanbaru, yang dipopulerkan kembali oleh ibu Dinawati yaitu pada tahun 1998. Kue Bolu ini sebelumnya hanya dibuat untuk sekedar konsumsi dalam keluarga saja, dan tidak dijual secara komersial apalagi dijual sebagai makanan oleh-oleh kota pekanbaru. Tapi dengan tekad yang kuat untuk menjadikan kue bolu ini sebagi makanan khas riau, dan kemudian beliau merintis membuka gerai pertamanya yang berkantor di Jalan Pelajar, yang sekarang jalan tersebut berubah menjadi Jalan lain.

Untuk itu pada postingan kali ini saya akan menyajikan resep dan cara memasak Bolu Kemojo, Khas Pekanbaru Riau. Bahan dan cara membuatnya pun cukup mudah

 Bahan :
  • 500 gr tepung terigu
  • 400 gr gula pasir
  • 4 btr telur
  • 700 ml santan kental dari 2 butir kelapa
  • 50 ml air daun suji & daun pandan
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/2 sdt garam
Cara membuat :
  1. Kocok telur bersama gula pasir sampai mengembang dan kental.Tambahkan tepung terigu, vanili,dan garam.Aduk sampai rata.
  2. Masukkan santan dan air daun suji & daun pandan ke dalam adonan, aduk sampai tercampur rata.
  3. Siapkan loyang yang sudah dioles margarin dan dialasi dengan kertas roti.
  4. Tuang adonan ke dalamnya,panggang selama 60 menit dengan panas 180 °C sampai matang.
  5. Angkat,keluarkan dari loyang dan dinginkan. Potong2 sesuai selera dan sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar