Selasa, 25 Februari 2014

Kue Asiadah

Makanan Langka Riau "Asidah"

Kali ini saya memposting sebuah resep makanan yang sudah jarang ditemui di Riau karena kurangnya pengenalan dari generasi tua kepada generasi muda. Saya sangat menyayangkan jika warisan budaya melayu ini tidak dikenali oleh masyarakat Indonesia khususnya orang Riau. Diharapkan resep ini dapat dikembangkan kembali oleh masyarakat sebagai salah satu juadah khas Melayu Riau.

Bahan :
- 2 gelas tepung terigu
- 1 butir telur ayam
- 1 gelas gula pasir
- 3 gelas air
- 2 biji bunga cengkeh dan 1 cm kulit kayu manis (ditumbuk halus)
- 1 ons bawang diiris goreng kunig kecoklatan
- 100 gram mentega di cairkan
- 1/2 sendok teh garam
- 6 sendok makan minyak untuk menggoreng bawang
- 1 lembar daun pandan dimemarkan

Cara Membuat :
  1. Bawang di iris lalu di goreng hingga kuning kecoklatan, angkat ditiriskan minyaknya.
  2. Masukkan mentega kedalam minyak bekas menggoreng bawang hingga mentega mencair dan menyatu dengan minyak, lalu angkat.
  3. Tepung diayak lalu diaduk bersama gula pasir + air 3 gelas air + garam + kocokan telur ayam + bubuk bunga cengkeh, kulit kayu manis + daun pandan, lalu adonan diaduk rata sampai semua larut.
  4. Saring adonan kedalam wajan hingga menghasilkan adonan yang halus, dimasak diatas api sedang diaduk dan masukkan campuran mentega dan minyak sedkit demi sedikit sisakan kira-kira 5 sendok untuk olesan, diaduk terus hingga menjadi adonan yang licin dan tidak lengket.
  5. Angkat adonan lalu dibentuk didalam piring sesuai dengan keinginan, olesi campuran mentega dan minyak lalu taburi bawang goreng, Asidah sudah siap untuk dinikmati.
Cat : - Rasa Khas asin dan manis serta beraroma bawang goreng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar